Jumat, 23 Oktober 2015

Cara mengurus SIM Hilang

Cara mengurus SIM Hilang 2015. jangan panik jika anda mengalami musibah atau pencurian bahkan dompet jatuh di jalanan sehingga menyebabkan kartu berharga anda seperti KTP, NPWP, ATM, SIM hilang karena kepanikan akan membuat pikiran buntu tanpa jalan keluar, tetap rileks dan tenang sehingga dapat menemukan cara. karena kepanikan tidak akan membuat surat atau dokumen penting hilang atau rusak terselesaikan. begitu juga ketika kartu surat izin mengemudi anda hilang atau rusak dan tidak bisa terbaca lagi. jangan khawatir satpas menyediakan cara urus sim hilang ada fotocopy atau tidak ada fotokopi dengan mudah tanpa tes teori dan praktek lagi dengan syarat membawa KTP dan surat keterangan hilang dari polsek. namun sebelum itu akan diterangkan sedikit mengenai contoh soal tes tulis atau teori yang dapat anda download dan dipelajari di rumah untuk persiapan ketika menghadapi soal ujian sim online nantinya. paling tidak punya persiapan untuk tes sehingga tidak kaget atau panik dengan soal yang dihadapi. ini penting karena jika panik maka kemungkinan untuk dapat mengerjakan lebih sulit. kisi-kisi soal yang dapat anda unduh sebanyak 500 soal untuk tes sim a, c, b1, bII atau d yang disertai dengan jawabannya diakhir file. info lebih lengkap silahkan baca Soal Ujian SIM C dan Jawaban

bagi anda yang tersbiasa di jalan pasti akrab yang namanya surat ijin mengemudi. sim adalah surat resmi yang harus dimiliki oleh siapa saja yang ingin mengendarai sepeda motor atau mobil di jalan raya. hal ini sangat penting dan urgent jika tidak punya maka siap-siap jika ada operasi atau kadang juga tidak, maka anda dapat kena tilang karena tidak mempunyai surat izin mengemudi. jangankan tidak punya, tidak membawa saja juga kena tilang sama saja karena pada saat dijalan kita tidak membawa SIM meskipun denda tilang tidak memiliki dan tidak membawa sim besarnya berbeda. namun jika ketika jalan-jalan dompet anda jatuh dan beserta sim nya maka anda sebaiknya langsung lapor kehilangan ke polsek setempat setelah melakukan pencarian dan tidak membuahkan hasil. karena Cara mengurus SIM Hilang harus membawa KTP dan surat keterangan hilang dari pihak yang berwajib di daerah tempat kejadian perkara (TKP). jangan khawatir dengan tes soal ujian dan praktek karena cara membuat sim hilang tidak perlu melakukan tes lagi baik tulis maupun praktek dilapangan atau simulasi. semuanya mudah meskipun tanpa fotocopy atau tidak ada fotocopy.

sekali lagi meskipun Cara mengurus SIM Hilang ada fotocopy atau tidak ada fotokopi surat izin mengemudi, anda tetap dapat melakukan proses di satuan pelaksana penerbitan sim (satpas) daerah anda dalam rangka cara buat sim hilang. namun jika anda mempunyai fotocopy sim anda yang rusak atau jatuh entah dimana, prosesnya lebih mudah karena petugas akan cepat menemukan data pemilik sim sehingga pemohon tidak perlu mengisi formulir pendaftaran lagi karena form pendaftaran akan diisi sesuai dengan data sim yang hilang. semoga penjelasan ini mudah dimengerti sehingga tidak ada lagi pertanyaan, sim hilang bagaimana mengurusnya atau gimana ngurusnya jika tanpa fotocopy ? ini termasuk tips mudah, sediakan fotokopi sim sekarang juga karena ini sangat berguna ketika sim hilang suatu hari nanti atau saat ini hampir semua orang sudah punya hp android, anda dapat foto sim anda dan menyimpannya siapa tahu suatu hari nanti dibutuhkan. sebenarnya tidak hanya untuk sim saja atapi juga STNK, KTP, BPKB atau surat berharga lainnya.

mohon maaf pada kesempatan kali ini tidak sedang menerangkan hal yang berkaitan dengan jadwal sim keliling bandung, surabaya, jakarta, medan, semarang, bali, makassar, pontianak, simsimi, unhas, umsida, smicity, atmajaya, pt, sistem informasi manajemen, swakarya insan mandiri, wismamas info sim depok. juga tidak sedang menjelaskan cara potong sim card, membuka sim card ipad atau cara perpanjangan sim pada artikel ini namun dijelaskan secara panjang dan lebar pada artikel yang lain sebelumnya. info lebih lengkap baca Cara Perpanjang SIM Online. adapun saat ini akan dijelaskan tentang Cara mengurus SIM Hilang ada fotocopy atau tidak ada fotokopi surat izin mengemudi dan berapa pembuatan sim hilang, apa saja syarat yang dibutuhkan untuk gantinya serta bagaimana prosedur cara pembuatan sim hilang baru tersebut.
Cara membuat sim Hilang
sim

Cara mengurus SIM Hilang

jika anda akan menjalani proses cara ganti sim hilang di satpas daerah anda sebaiknya membawa syarat yang dibutuhkan seperti KTP asli yang masih berlaku dan fotokopi (untuk jaga-jaga saja), surat keterangan hilang dari polsek setempat dan fotocopy surat izin mengemudi (jika ada). jadi fotokopi sim tidak wajib tapi optional, sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya jika ada maka memudahkan petugas dan anda karena tidak perlu mengisi formulir pendaftaran lagi di loket pendaftaran sebagaimana dilansir facebook Divisi Humas Mabes Polri. adapun prosedur cara pengurusan sim hilang adalah sebagai berikut :

1. mengurus surat keterangan sehat di bagian pemeriksaan kesehatan, tersedia di satpas.
Cara membuat SIM Hilang
Surat Keterangan Dokter
2. urus asuransi kecelakaan diri pengemudi (AKDP) di loket asuransi, kadang bergabung di bagian kesehatan.
Cara membuat SIM Hilang
Kartu Asuransi
3. mendaftarkan diri di loket pendaftaran. semua persyaratan diserahkan seperti surat keterangan hilang, surat kesehatan, AKDP, kartu asuransi beserta formulir dan mendapatkan tanda bukti pengambilan sim.
4. membayar formulir di BII atau BRI, tersedia di satpas.
Cara membuat SIM Hilang
Loket BRI
5. pengambilan foto secara langsung, sidik jari, tandan tangan dan verifikasi data pribadi anda apakah sudah benar atau belum.
6. mengambil sim dengan menggunakan tanda bukti pengambilan sim sebelumnya. selesai surat izin mengemudi sudah di tangan. mudah bukan cara mengatasi sim silang.

Biaya Pembuatan SIM Hilang

surat ijin mengemudi hilang bayar berapa ? anda tidak perlu khawatir dengan tarif yang membengkak untuk biaya sim hilang. jika anda pernah melakukan proses mutasi sim maka anda tahu besarnya tarif kehilangan surat izin mengemudi karena biaya keduanya sama. info lebih lengkap silahkan baca Cara Mutasi SIM yang disertai dengan gambar pada tiap langkahnya sehingga memudahkan anda memahaminya. adapun rincian biaya pembuatan sim hilang dari web halopolisi sebagai berikut :
SIM A = Rp 80.000
SIM C = Rp 75.000
SIM A/C = Rp 155.000
Asuransi Jiwa = Rp 30.000r
Cek Kesehatan = Rp 20.000
jadi total Rp 125.000 untuk sim c dan Rp 130 untuk sim a yang hilang.

demikian artikel Cara mengurus SIM Hilang baru dan baca juga Cara Setel Gas jupiter MX Ringan. semoga sukses !
Share it Please

Ilmi Fatmawatin

sip

143 komentar:

  1. Gmana p.sim saya itu di pegang bos.di saudi
    Trus ga di lmbalikan poto kopi nya jga ga ada tapi kalo surat asuransi nya ada sama no.sim
    Lalu bikin baru apa gimna tu p.tolng minta penjelasan nya p. Mksi

    BalasHapus
  2. terimakasih infonya gan, simnya yang baru bisa diurus di polsek lain ga'?

    BalasHapus
  3. Pak ,,bisakah kita mengurus sim hilang dipolres wilayah lain,,(biar gak harus pulang)???

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan konfirmasi di satpas terdekat mengingat
      sekarang sudah bisa perpanjangan sim online
      meskipun belum merata.
      biasanya pembuatan sim hilang dilakukan di satpas
      terbitnya sim sebelumnya.

      Hapus
  4. kalau SIM B1 yg hilang biayanya berapa???
    dan saya buat SIM di SURABAYA terus kehilangan SIM di makasar.
    apakah Bisa saya mengurus kehilangan SIM di makasar .
    terimakasih ????
    mohon infonya .?

    BalasHapus
    Balasan
    1. prosesnya seperti yang telah dijelaskan diatas,
      untuk biaya Pembuatan SIM B1 Baru Rp 120.000.
      membuat surat kehilangan di makassar dulu
      kemudian mengurus sim hilang di surabaya.

      Hapus
  5. Buat sim hilang ,apakah masih ada test / Ujian ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara urus sim hilang tidak perlu tes teori dan
      praktek lagi.

      Hapus
  6. Selamat pagi pak,,,,
    Saya heri asal jogja, dan sekarang mrantau di sumbawa, tgl 17 desember kemarin kntrakan saya kemalingan dan tas saya ikut dicuri,,,, isi dalam tas,,, atm ktp sim B2 umum NTB, apakak saya bisa urus bembuatan sim saya tanpa ktp,,,,? Saya hanya bawa syarat poto ktp,, poto sim B2 umum yg hilang dan berita kehilangan dari kepolisian sumbawa,,, trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikut prihatin Pak, sebaiknya mengurus KTP dulu.
      kemudian membuat SIM baru. semoga diberi kelancaran
      dalam mengurus sim dan ktp.

      Hapus
  7. Saya Pak Budi, tgl 28 desember 2015 saya kehilangan dompet yg terjatuh di rest area km 82 cipularang yg berisi KTP,NPWP,ATM,SIM A ( yg akan berakhir 23 mai 2016),ft copy KTP ada , FT copy SIM tidak ada ( sy punya ft copy yg berakhir thn 2001), apakah masih bisa ft copy tersebut dijadikan lampiran saat mendaftar di bagiankehilangan SIM , Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya silahkan, jangan lupa untuk membuat surat
      keterangan sim hilang dari polsek setempat.

      Hapus
  8. Saya tinggal d semarang saya asli orang jatim, saya kehilangan sim, stnk, dll..apakah bisa ya saya mengurus sim saya di semarang sini..trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara membuat sim baru karena hilang atau rusak
      berdasarkan alamat KTP. jadi harus mengurus sim
      di semarang.

      Hapus
  9. Assalamualaikum pak. SIM C saya hilang . bagaimana caranya supaya bisa di cetak ulangnya pak sedangkan fotocopy sim nya tidak ada. terima kasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumsalam syarat bikin sim baru karena hilang
      tidak membutuhkan fotokopi sim tapi KTP asli atau
      fotokopi dan surat keterangan kehilangan dari
      kepolisian. prosedur nya mirip dengan membuat sim
      anyar.

      Hapus
  10. Pak maaf tny lg..prosedurnya sama dg membuat sim baru? Ikut tes dan foto? Apakah tdk bisa dicetak dg data yg lama? Trimaksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. prosedur cara ngurus sim hilang hampir sama dengan
      membuat sim baru atau perpanjangan tapi tanpa tes
      tulis atau praktek lagi.

      Hapus
  11. apakah pengurusan SIM hilang mesti di kantor SAMSAT sesuai wilayah alamat KTP atau bisa di kantor SAMSAT mana saja? Terima kasih.

    BalasHapus
  12. Misalnya KTP JAkarta Barat, apakah boleh urus di Jakarta Timur?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk mengurus surat kehilangan sim langsung
      ke polsek setempat. tapi kalau membuat sim baru
      karena hilang dilakukan di satpas bukan samsat,
      sesuai wilayah alamat KTP.

      Hapus
  13. Ah tai kebanyakan cingcong nyari keywords

    BalasHapus
    Balasan
    1. komentar anda menunjukkan pribadi anda meskipun
      anonim. terima kasih sudah mampir

      Hapus
    2. Kalo sim c masih berlaku,tpi di buat ya pos keliling juga bisa tidak karena sim c saya kehilangan barusan.. mksih mhon infonya

      Hapus
  14. berapa lama kira2 pengurusanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. lama mengurus sim hilang hampir sama dengan
      mutasi sim. pengalaman dulu mutasi sim masuk
      tidak sampai 2 jam.

      Hapus
  15. assalamualaikum mau bertanya sim saya hilang ketika akan perpanjang dan sekaranc sudah jatuh tempo apakah ada masalah yang terjadi jika sudah jatuh tempo sim nya dan juga untuk pengurusan sim hilang kita harus ke kantor samsat daerah domisili atau harus ke samsat daan mogot

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara membuat sim baru karena hilang, harus
      bikin surat keterangan hilang dari polsek di
      daerah TKP. kemudian mengurus nya di satpas sim
      tersebut dibuat dulu, jangan lupa syarat lainnya.

      Hapus
  16. assalamualaikum, pak

    SIM C saya hilang, SIM tersebut memakai KTP alamat yg lama, sedangkan saya sudah ganti alamat domisili yang baru. itu nanti memakai prosedur bikin baru atau bisa sitem SIM hilang?
    trima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya buat surat keterangan hilang dulu
      kemudian ke satpas asal, minta mutasi sim sesuai
      data KTP. namun jika tidak bisa, membuat baru
      karena sim hilang.

      Hapus
  17. Dulu saya bikin Sim C di madura.. Skrg saya di jakarta, sim c saya skrg hilang.. Gmn ya pak caranya ? Sedangkan ktp saya masih e-ktp kampung di madura.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih baik membuat surat keterangan hilang dulu
      di polsek terdekat (jakarta) kemudian mengurus
      sim c baru karena hilang di satpas asal sim
      terbit (madura).

      Hapus
  18. permisi,,mohon infonya nih..SIM ane hilang(tanpa foto copy),ane mw ngurus tapi ad masalah d KTP nih..Nama RUDY..SEBELUMNYA data saya semua(KTP,SIM,BPJS,NPWP dll) dengan nama RUDY..gara2 salah nama d KTP RUDI saya susah untuk ngurusnya..bagaimana klo saya ingin membuat SIM yg hilang tapi data ane dulu pake RUDY tdk sesuai dengan e-KTP (RUDI)yg skrg?...apa harus pake surat keterangan dari RT/RW/Kelurahan??mohon info

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertama harus membuat surat kehilangan dulu
      di polsek tempat SIM hilang kemudian mengurus
      di satpas. keuntungan jika ada fotokopi, bisa
      dicari dengan menggunakan no sim. jika satpas
      minta surat keterangan dari kelurahan, baru
      dikerjakan.

      Hapus
  19. Mohon pencerahan,
    Tanggal 17 februari 2016 kemarin saya kemalingan, termasuk yang hilang sim di dalam dompet, status sim saya masih aktif s/d 2018 dengan alamat di Jogja, sedang saya sekarang berdomisili KTP di Batang Jateng.
    Bagaimanakah prosedur mengurus SIMnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya buat surat keterangan kehilangan dulu
      sbg persyaratan mengurus sim hilang kemudian ke
      satpas asal (jogja) , minta mutasi sim sesuai
      data KTP. namun jika tidak bisa, mengurus
      pembuatan sim hilang.

      Hapus
  20. Mohon pencerahannya pak, bila sim saya hilang pada oktober 2015 kemarin kemudian sya udah buat surat kehilangan. Tapi selama 2 minggu masa berlaku surat kehilangan tersebut saya belum mengurus sim tersebut sampai sekarang, apa bisa buat surat kehilangan lagi atau prosedurnya gimana ya pak? Terima kasih sebelummya

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah satu syarat syarat mengurus sim hilang
      adalah surat kehilangan dari kepolisian.
      silahkan dicoba dulu mengurus pembuatan sim
      karena hilang di satpas karena ada yang masa
      berlakunya 1 bulan.

      Hapus
  21. saya mau tanya pak, SIM C saya mati desember 2015 karena saya berada di luar kota dan SIM C nya saya hilang, baru balik ke bekasi bulan pebruari 2016 ini. saya punya Scanan SIM C nya apakah bisa perpanjang atau buat baru pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau perpanjangan sim harus ada sim yang lama.
      solusi pembuatan sim c baru karena hilang,
      diantara syarat syarat mengurus sim hilang
      adalah surat kehilangan dari kepolisian.

      Hapus
  22. Hai ilmi fatma,

    blog anda sangat informatif sekali cukup memberikan pengetahuan yang saya cari. Nah ada yang ingin saya kritisi ada celah seperti ini entah penulis sepakat atau tidak, jika saya punya SIM sudah melewati masa berlaku, lebih baik saya melaporkan kehilangan SIM di polsek terdekat. Sehingga saya bisa mendapatkan SIM kembali tanpa tes daripada saya membuat SIM baru lagi yang bukan rahasia umum lagi tahu sendiri yah bagaimana membuat SIM di Samsat seperti apa, praktik tes teori dan praktek yang pernah saya alami dulu tahun 2012 tanpa
    menggunakan calo, ada kejanggalan yang tidak perlu saya ceritakan.

    Bisa bukan celah itu saya lakukan? Dan pastinya saya berbohong dan pihak polsek juga pasti tidak mengetahuinya.

    Saya berpikir positif praktik di Samsat sudah hilang di tahun 2016 ini. Sehingga saya tidak khawatir jika membuat SIM baru lagi.

    Bagaimana pendapat penulis?

    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. perlu diketahui bahwa waktu perpanjangan sim
      adalah 2 minggu sebelum masa berlaku habis
      ditambah 3 bulan setelahnya. jika hanya
      melewati masa berlaku berarti anda masih bisa
      perpanjang sim tanpa tes teori dan praktek
      lagi. jika anda lapor kehilangan tapi
      ternyata di database terlihat bahwa masa
      berlaku sim anda habis lebih dari 3 bulan
      maka seharusnya anda disuruh buat sim baru
      lagi karena sim anda yang hilang telah mati
      lebih dari 3 bulan.

      Hapus
  23. Assallamualaikum...
    Pak sya tnya dong...
    Ini sya kan sim sya sampang tp hilang...namun sya sekrng sudah pindah k kabupaten bangkalan tnpa sempat ngurus nya...apakah saya bisa ngurus nya lagi sebagai sim kehilangan???

    Terima kasih atas jawabannya pak

    BalasHapus
  24. Saya baru saja kehilangan dompet berisi sim stnk atm dan uang tunai. Apakah setelah mengurus surat kehilangan perlu disiarkan lwt radio dulu baru diproses di polsek?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yusuf Achmad & Abelano : berdasarkan facebook
      Divisi Humas Polri diatas, syarat mengurus sim
      hilang : Fotokopi KTP, Fotokopi SIM (bila ada),
      Keterangan Hilang dari Polsek setempat.

      Hapus
  25. Minta info dan untuk di share ke teman teman yg pengolahan nya mungkin sama.
    Saya kehilangan dompet yg isi nya ktp dan sim, kalau mau ngurus sim pake fhoto copy ktp aj bisa gak ya? Atau harus bikin ktp dulu! Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. syarat urus sim hilang adalah Fotokopi KTP yang
      masih berlaku, Fotokopi SIM (bila ada),
      Keterangan Hilang dari Polsek setempat.

      Hapus
  26. Mohon pencerahan nich, saya juga baru kena musibah kejambretan, nah saya mau coba urus SIM C yang hilang sendiri, saya domisili JakPus, fotocopy KTP dan SIM C sudah ada, Surat ket hilang dari polisi juga ada, di sini disebutkan untuk mengurusnya di Satpas, itu di mana ya klu JakPus, kata org harus di Daan Mogot Samsat. Nah itu kira2 nanti ada ketemu calo atau org2 yg tdk bertanggung jawab gak ya, trauma liat muka pak Polisi, kayaknya mukanya uang semua. Orang lagi ketimpa musibah juga ga ada prihatinnya. hehe. btw makasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk Jakarta Pusat di Kantor Polsek Metro
      Kemayoran, Jl. Landasan Pacu. jam pelayanan
      dibuka pukul 08.00 sampai dengan 14.00 WIB.

      Hapus
  27. Saya begitu menyukai artikel yang disajikan dalam blog ini,
    Semoga sukses terus memberikan informasi bermanfaat utk semua orang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya terima kasih juga sudah mampir di artikel
      cara urus sim hilang

      Hapus
  28. Saya kehilangan SIM C tanggal 17-04-2016 saya tinggal di JAKPUS saya sudah ada foto copy KTP dan foto copy SIM C, gimana cara mengurusnya dan kitaa pertama tama harus menghadap siapa? dan biayanya berapa duit untuk SIM C? Apakah cepet selesai mengurus SIM yang mehilangan tersebut? sekitar berapa jam untuk mengurus data datanya dan proses jadi SIM barunya.. dan kalau disuruh ke satpas untuk jakarta pusat dimana ya pak? tolong dijelaskan dan diberi masukan pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah satu syarat membuat sim baru karena
      hilang adalah surat keterangan hilang dari
      polsek setempat, silahkan diurus dulu. biaya
      pembuatan sim sudah diterangkan di artikel.
      di Polsek Metro Kemayoran, Jl. Landasan Pacu.
      datang kesana pagi sekali biar tenang.

      Hapus
  29. Boleh ga pak buat surat keterangan hilangnya sekarang ke polsek metro kemayorannya besok? bisaa ga pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan besar bisa pak, mengingat hampir
      semua orang punya kepentingan mendesak jadi tidak
      bisa mengganti sim hilang hari itu juga.

      Hapus
  30. Pak saya kehilangan dompet yang isinya sim c & sim A ,
    Dan saya sudah mengurus surat kehilangan di TKP ,mohon pencerahannya utk mengurus Kedua sim itu kemana ya pak ktp saya di daerah jakarta barat kel. Pekojan Kec. Tambora?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk mengurus sim hilang wilayah jakarta barat
      silahkan ke Kantor SatPas Daan Mogot KM 11

      Hapus
  31. Mas mau tanya, saya kan sudah 6 bulan, kehilangan sim A& C sampe sekarang belum di urus, sim saya alamatnya di kota majalengka jawabarat, sedangkan alamat sekarang saya ikut istri di cilacap jawa tengah, kehilangan simnya di cilacap jawa tengah, bisa kah saya urus surat keterangan hilangnya di cilacap, kemudian di bawa ke majalengka, dengan status ktp yg masih berlaku ktp cilacap? trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya buat surat hilang ke polsek dulu untuk
      syarat mengurus sim hilang kemudian ke satpas
      asal (majalengka), mohon mutasi sim sesuai data
      KTP. jika tidak bisa, mengurus sim hilang dulu.

      Hapus
  32. Artikel ini sangat membantu bagi kita.
    Saya mau tanya, apakah diurus kehilangan SIM tsb masa berlakunya sama dengan sim yg hilang atau secara otomatis bertambah 5th kedepan?
    Mohon infonya terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari info yang ada, mengurus sim c yang hilang
      masa berlaku nya 5 tahun seperti membuat sim
      baru.

      Hapus
  33. mo nanya ni saya kehilangan ktp,sim,stnk diatas ada persyaratan harus foto copy ktp kebetulan foto copy ktp saya ga ada apakah masih bisa diurus hilang SIM nya. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sim hilang gimana ngurusnya jika tidak ada
      fotokopy nya ? buat surat keterangan hilang
      dulu terus ke satpas sim

      Hapus
  34. Assalamu'alaikuum,, dompet sy hilang ktp, sim a & c, dll. Sayang nya smw tdk Ada fc nya, ada opti lain?? Dan utk buat sim lg apa bs nanti misal 1 atau 2 bln lg?? Sim a dibuat di satpas daan mogot dan sim c baru bln maret kmrn perpanjang di satpas gorontalo Jakarta utara, apa bs sy buat sim a & c mya di satpas gorontalo, krn klo ke daan mogot trlalu jauh dan sy punya bayi. Trma ksh utk infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sim hilang tanpa fotocopy bisa diurus dan lebih
      baik segera. kalau perpanjangan sim online bisa
      walaupun beda wilayah satpas bahkan luar kota
      pun bisa. silahkan dicoba dulu berbarengan
      dengan ngurus sim c.

      Hapus
  35. Assalamu'alaikum,Untuk daerah jakarta selatan Pengurusan SIM Hilang dimana...?, apa bisa dengan Foto Copy KTP untuk Lampirannya....karena Aslinya juga hilang

    Trim's

    BalasHapus
    Balasan
    1. proses cara mengganti sim hilang di jakarta
      selatan silahkan ke Kantor Polres Metro Jakarta
      Selatan Jl. Wijaya. lebih lengkap baca Alamat
      Satpas SIM Kota

      Hapus
  36. Aslmkm, SIM says hilang, terakhir perpanjang di SIM keliling, lalu dmn saya harus urus SIM sy yg hilang tsb, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikum salam, ngurus sim hilang sim keliling
      tidak bisa dilayani. cara membuat sim baru
      karena kehilangan dilakukan di satpas sim sesuai
      wilayah ktp setelah buat surat keterangan hilang

      Hapus
  37. SIM C saya hilang, domisili di Jakarta Timur, Dulu buat SIM nya daanmogot. Untuk ngurus sim C baru saya harus ke daan mogot atau kebun nanas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya disamakan data sim dengan ktp namun
      jika ingin perpanjang dapat ke satpas penerbit
      sim sebelumnya.

      Hapus
    2. Maaf pa saya kasusnya jg sama jadi harus ke Daan Mogot kenapa tidak bisa dikebon nanas ya pa itu terlalu jauh klo harus ke Daan Mogot..

      Hapus
  38. sim saya hilang dickarang. sim sya pemalng apakh sya bisa ngurus di cikarang.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika anda mengalami sim hilang di luar kota maka
      harus mohon surat keterangan hilang di polsek
      tempat kehilangan (tkp) kemudian mengurus proses
      kehilangan sim di satpas pemalang.

      Hapus
  39. Selamat siang, permisi saya mau tanya ..
    Diatas sudah dijelaskan jika SIM hilang harus mengurus yg baru ke satpas bukan samsat .. Boleh info Satpas itu didaerah mana? Saya dari wilayah DKI jakarta..

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan baca Daftar Alamat Satpas SIM, termasuk
      jakarta sudah tersedia baik pusat, selatan,
      timur, utara dan barat.

      Hapus
  40. Untuk biaya pengurusan sim baru dikarenakan hilang,apakah masih sama dengan yg diatas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biaya membuat sim baru karena hilang masih sama.

      Hapus
  41. Pagi pak..

    Yg ingin sya perjelas tentang masalah "KTP Asli" apakah di wajibkan/hanya optional saat mengurus sim hilang????

    Karena ktp nya masih belum diurus tetapi untuk fotocopi ktp nya ada dan masih belaku??

    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah satu syarat mengurus sim hilang adalah
      fotokopi ktp berdasarkan facebook Divisi Humas
      Polri

      Hapus
    2. Maaf mbak aku mau nanya soal ke hilangan sim c aku bikin di daerah sumbar tapi kehilangan nya daerah jakarta . Aku bingungkan jika aku mau ingin bikin baru perpanjang lagi apa kah itu bisa pengurusnya polsek/satpas di mana saja... aku kemaren kehilangan surat yang penting semua..sim c/ktp/stnk motor tapi aku ingin mau ngurus cma sim C aja di jakarta... minta bantu info mbak brpa harga mau ngurus sim C bikin baru perpanjang lagi... aku tinggal jaksel tebet bukit duri tanjakan gang 9 samping masjid As-SUDAIRI... minta bantu info .aku panik ngurus sim C motor dn gak bsa kemana2 lagi..

      Hapus
  42. selamat pagi pak , kalo posisinya saya kena tilang terus saya gak tau harus ke kejari mana untuk menebusnya (karena sudah saya datangi kejari2 di jakarta) saya sudah hopleess banget pak, apa bisa buat kehilangan saja ??

    BalasHapus
  43. Saya asep pak,,saya mau tanya. Bisa ga klo ktp cianjur bikin sim nya di kota bandung,,,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk bikin sim baru harus di satpas sesuai
      dengan data KTP. maka jika ktp cianjur maka
      membuat sim baru juga di satpas cianjur.

      Hapus
  44. Pagi. saya kehilangan sim C, awal buat di daan mogot jakarta barat, apakah saya harus urus ke daan mogot lg? Atau sesuai alamat di KTP? Alamat KTP di Jakarta Timur. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. seharusnya disamakan data SIM dengan KTP namun
      jika ingin perpanjang sim ke satpas penerbit
      sim tersebut.

      Hapus
  45. Saya kecopetan dan simC saya hilang. Saat saya urus surat hilang, ternyata katanya harus ada fotokopiannya dan nmr simnya harus di catat. Padahal saya sama skali tdk punya pertinggal fotokopiannya. Lalu harus bagaimana? Mohon bantuannya, saya sudah putus asa. Uang yg hilang pun sudah jutaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini pentingnya fotocopi sim, ktp atau surat
      berharga lainnya. solusinya mungkin bisa
      ditanyakan no sim ke satpas penerbit sim dahulu
      dengan membawa ktp. solusi lain, dengan membuat
      sim baru.

      Hapus
  46. Pak sim saya hilang n sdh mati bln ini,apa kah msh bsa diurus pak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mengurus surat lapor kehilangan di
      polsek tempat kejadian kemudian membuat sim baru
      karena hilang di satpas penerbit sim dulu.

      Hapus
  47. Sim b1 saya hilang sementara saya mau naikkan sim ke b1umum..tolong solusi nya gan

    BalasHapus
  48. asalamualaikum,peekenalkan saya rahmatsyah putra dri lubuk pakam.Saya kehilangan dompet yg berisi SIM A&C,STNK mobil inventaris kantor,ATM&kartu BPJS.Yg mU saya tanyakan��
    1.SIM C saya telah mati tanggal 4 april 2016 yg lalu,apakah dapat langsung diperpanjang tanpa ujian tertulis&praktek?karena waktu saya terbatas u/k mengantri lagi.

    2.SIM A saya akan mati ditahun 2018 nanti, apakah akan tetap seperti itu nntiny,atau akan terhitung SIM baru&akan berakhir ditahun 2021 nanti?

    3.Saya sudah melapor kepolsek area TKP hilang dompet saya,ttpi saya hanya bisa melaporkan apa2 yg hilang. selain STNK mobil kantor yg hilang.Dgn alasan,STNK hilang harus ada copy nya, smntra sabtu&minggu kantor saya tutup. Apakh mmng harus ada copy nya?

    4.STNK mobil inventaris yg saya pakai adalah mobil rental area palembang atau pekan baru,sedangkan saya berdomisili&area kerja saya diwilayah deli serdang, medan.Apakah harus kesana ngurusnya?

    5.Berapa lamakah masa berlaku surat laporan kehilangan yg saya buat pada tgl.26 Juni 2016? karena disitu tidak trcantum&waktu saya terbatas pak.
    Saya sangat mengharap jawaban dri bapak&saya juga berharap,nantinya bapak menjawabnya per poin seperti diatas, agar saya mudah memahaminya.Sebdlumnya saya ucapkan bnyk terima kasih ����

    BalasHapus
  49. Urus sim hilang ternyata ngga seperti yg ditulis.... Sepertinya gampang sekali, kenyataannya BOHONG BESAR....
    di Satpas banyak oknum aparat keparat yang haus darah

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman mutasi masuk sim kemarin hanya butuh
      waktu 1 jam saja dengan biaya seperti yang
      diuraikan di artikel. semuanya diurus sendiri
      tanpa calo.

      Hapus
  50. kalau ngurus sendiri di bulet2 gak ya bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak bro, dengan berfikir positif semoga hasilnya
      terbaik.

      Hapus
  51. Siaangggg,
    Mao tanya dong, sim hilang, tp masa berlaku'a udah habis, gimana ya proses'a?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mengurus surat kehilangan dulu kemudian membuat
      sim baru karena hilang

      Hapus
  52. Penjelasan diatas cuma TEORI saja..
    Saya mengurus di POLRES Bukittinggi setelah syarat dipenuhi tapi biaya tetap diminta Rp. 300.000 diluar kewajaran.
    Pada siapa yang beginian kita melapor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan melapor ke lapor.go.id saja pak. semoga
      dapat respon secepatnya

      Hapus
  53. betul bro,mmng pelicinnya uang hahahaha..

    BalasHapus
  54. Salam,pa mau tanya kalau yang hilang sim A dan C sedangkan saya mau urus keduanya di hari yang sama apakah surat keterangan sehat harus dua pula,mohon infonya,terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. akan ditanya pak di loket kesehatan, mau ngurus berapa SIM

      Hapus
  55. kemarin saya sendiri baru ngurusin sim A yang hilang, sempat juga berpikiran menggunakan calo mengingat ribetnya pengurusan sim, namun karena faktor biaya saya coba urus sendiri, perbandingan biaya mengurus sendiri (samsat jakarta daan mogot) total rp 125,000 waktu pengurusan 1,5jam. pengurusan via calo 700,000-850,000 adapun tatacara pengurusan sbb:

    1. siapkan surat keterangan hilang dari kepolisian yang asli, lengkapi 2 copy KTP dan 2 copy SIM yg hilang

    2. surat keterangan sehat pembelian formulir 25.000, beli formulir di dekat loket yang berada di seberang parkiran motor, lihat yg ada tulisan BIRO EXPRESS, loket tepar di samping di bagian dalam. Setelah itu masuk ke ruang cek kesehatan, yang di cek hanya mata setelah itu formulir akan dicap dan ditandatangani penguji

    3. masuk ke gedung pengurusan SIM, tunjukkan surat kesehatan dan akan diberikan tanda pengenal

    4. cari loket BRI, dari pintu masuk jalan ke arah kiri, loket paling ujung, bayar rp. 100,000 formulir kehilangan SIM

    5. setelah itu isi formulir (ingat bawa pulpen) dan naik ke lantai 2 bagian arsip, serahkan formulir yang sudah diisi berikut data laporan kehilangan, copy ktp dan copy sim, akan diminta tunggu untuk verifikasi data

    6. selesai verifikasi data akan diminta untuk turun ke bawah loket no. 16 kalau saya tidak salah untuk penyerahan data.

    7. setelah data diserahkan, akan diarahkan ke loket 24 dan 25 untuk melakukan pemotretan

    8. selesai pemotretan akan dilanjutkan ke proses penyerahan sim di loket 30

    selesai sudah penggantian SIM A saya, menurut saya cukup sederhana dan tidak perlu melewati calo untuk pengurusan penggantian SIM, mudah mudahan bisa membantu teman yang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman yang sangat menarikdan bermanfaat
      buat teman-teman yang lain. terima kasih banyak
      informasi dan ceritanya.

      Hapus
  56. selamat malam,
    sekitar 1 bln lalu saya kena musibah, saya kehilangan dompet yang berisi sim-c, uang tunai dan atm,,, saat itu saya tidak langsung membuat surat kehilangan dari polsek setempat, sekarang masa berlaku sim saya sudah berakhir lebih kurang tgl 7 juli 2016 yg lalu.

    yang ingin saya tanyakan apakah saya bisa mendapat sim-c baru dengan berbekal surat kehilangan dari polsek dan ktp asli ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika kehilangan memang harus membuat surat
      keterangan hilang dari polsek di TKP. jangan
      lupa untuk bawa fotokopi sim c nya atau paling
      tidak tahu nomor nya

      Hapus
  57. Kalau surat hilang dari kepolisian sudah kadaluarsa, apakah masih bisa mengurus kehilangan SIM nya? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. surat keterangan hilang bisa minta lagi jika
      masa berlakunya sudah habis.

      Hapus
  58. Pagi pak....terima kasih infonya...hari ini saya buat sim c yg hilang hanya makan waktu 1 jam di daan mogot.pelayanannya ramah .rapi dan ada pungli.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih banyak ceritanya dan semoga
      bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan.

      Hapus
  59. Saya membuat sim d surabay, sekarang saya bekerja d solo,... Sim saya hilang, apakah bisa saya membuatnya d solo atau saya harus pulang dulu k surabaya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sim hilang diurus di satpas penerbit sim
      tersebut. sepengetahuan penulis, saat ini belum bisa membuat sim online karena kehilangan.

      Hapus
  60. Slmt malam.. sy kehilangan sim c di jkrta barat dan sim saya pakai ktp jakarta dan sekarang saya udh ganti e ktp dengan domisili pacitan. Surt kehilangan dr polsek dah ada dimna sy harus mengurusny ya... bisakah di urus di jakrta ..info dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. mengurus sim hilang dilakukan di satpas tempat
      sim diterbitkan. jadi diurus di jakarta

      Hapus
  61. Mau tanya kalo kehilangan sim C, tetapi ada fotocopy nya, bisa gak tetap pakai alamat di fotocopy sim? Karna ktp alamatnya baru, sedangkan saya maunya sim yg nanti di urus, tetap pakai alamat sesuai sim yg hilang

    BalasHapus
  62. Sim saya itu hilang, terus tidak ada fotocopynya dan data printout pembuatan sim terakhir yaitu tahun 2013 di samsat tidak ada karena di buat di sim keliling (karena komputernya rusak/pinjamkan ke samsat lain) Bagamana caranya agar saya dapat membuat sim lagi engga dari awal lagi?. bukti pernah di tilang tahun 2016 ada fotonya karena pernah di masukan FB

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena data nya tidak ada jadi kemungkinan harus
      membuat sim baru lagi pak

      Hapus
  63. Kalau surat keterangan hilang saya 2 tahun lalu dibuatnya di luar kota hilangnya trus mau diurus sim hilangnya kini..pertanyaannya apakah bisa mengurus sim hilang dengan suratketerangan hilang yg sudah 2 thn dibuat.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. seharusnya segera mengurus dengan membuat sim
      baru kerena kehilangan. kalau sudah 2 tahun yg
      lalu apakah sim tidak habis masa berlakunya ?

      Hapus
  64. Assalamualaikum....saya hilang dompet hari Selasa 20 sept 2016...berarti KTP juga ikut hilang didalamnya...Dengan identitas KK dan surat kehilangan dari Polsek Setempat apakah bisa di proses... ( Polres Sumedang )....terimakasih atas informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pembuatan sim baru sebagai pengganti yang hilang
      dilakukan di satpas penerbit sim tersebut dengan
      membawa KTP. jika ktp juga hilang maka sebaiknya
      mengurus ktp dulu.

      Hapus
  65. assalamualaikum pak
    saya kan kehilangan dompet dan disitu terisi SIM C , KTP, dan ATM saya
    nah sekarang saya mau mengurus SIM C pak , surat kehilangan sudah ada tapi KTP tidak ada (adanya Fotocopyannya pak) saya mau ngurus KTP itu kan masih lama pak sampai bulan november, apakah bisa mengurus kehilangan SIM C dengan menggunakan fotocopy KTP , fotocopy SIM C, dan surat kehilangan KTP dan SIM saja ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya memang membuat ktp dulu pak namun jika
      khawatir lama semoga saja bisa dengan fotocopy
      saja.

      Hapus
  66. Siang pa mau nanya baru saja saya kehilangan dompet yg isinya stnk,sim c sim a dan ktp ada atm jg tp sudah mati yg mau saya tanya kan bagai mana saya mengurus stnk dan simnya ?
    Dan biayanya brp ya pa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya membuat ktp dulu kemudian mengurus
      sim. setelah itu bisa membuat stnk. terima kasih
      sudah mampir

      Hapus
  67. Saya baru saja berniat menaikkan golongan sim saya dari a ke b1 namun hari ini tepatnya tadi malam sim saya hilang namun saya hanya punya kartu keluarga saja foto copy ktp dan sim ndak punya apakah bisa saya nanti mengurus sim saya tadi yg hilang sekaligus menaikkan golangan sim saya...mohon infonya

    BalasHapus
  68. Mau tanya gan
    Klo ktp nya ikut hilang gimana itu gan apo harus buat ktp dlu bru bisa urus sim nya
    Ktp nya saya pnya fotokopiannya aje gan kira" bisa kgak tu gan mohon info nyo

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya mengurus ktp dulu. jika ada fotocopy
      ktp bisa mencoba mengurus sim dengan membawa
      fotokopy sim juga.

      Hapus
  69. assalamualaikum. numpang nanya
    kan saya kehilangan dompet pada tanggal 26 oktober. sim. ktp. dan stnk.
    saya sudah buat laporan kehilangan
    saya tidak mempunyai fotocopy sim nya. dan tidak ingat nomer nya.
    saya ada fotocopy ktp. dan sudah mengurus kehilangan ktp. tapi ktp saya jadi nya awal bulan . saya cuman di kasih resi. buat bukti ktp.

    jadi nya gimana ya kalau saya mengurus sim A dan C tanpa ktp asli cuman ada resi . apakah bisa ?
    dan apakah tetap mengikuti ujian simulator dan praktek.

    padahal saya baru buat sim tanggal 31 september dan tanggal 1 oktober

    BalasHapus
  70. pak mau tanya..sim saya hilang..terus pas saya ke polsek mau urus surat kehilangan..katanya tdk bisa buat surat kehilangan jika ga ada ftokopi sim atau nomer simnya..trus gimana saya bisa urus??

    BalasHapus
  71. Saya mau tanya, kan september lalu saya kena hipnotis dan semua barang" saya diambil dari motor,hp dan dompet. Di dalam dompet itu ada stnk sim ktp, nah untuk mengurus sim yang hilang syratnya apa aja ya? Terus kalo untuk surat dari polres yang seperti apa ya? Terus berkas yang akan diserahkan dari polres foto copy atau asli, soalnya dari polres saya di kasih satu surat untuk saya pegang jikalau kendaraan saya ketemu, apa saya harus buat surat khusus atau gimana ya? Terima kasih

    BalasHapus
  72. selamt mlam mohon pencerahannya, saya kejambret smua isi dompet raib, termasuk sim c, surat kepolisian fc ktp baru nd lama saya ada apa bisa lngsung ke daanmogot ya utk urusnya, karena dlu saya buatnya langsung dsna tp sim saya jakarta selatan nd ktp baru sy jakarta pusat. nd utk sim saya ada fotonya yg lm sebelum perpanjang fc tdk ada, mohon arahannya. terim kasih

    BalasHapus
  73. Pak saya kehilangan sim dan saya Sudah mengurus surat kehilangan, tp sim syaa didaerah kabupaten namun bsakah mengurusnya didaerah berbeda? Apalagi ada ujian tes teori dan praktek? Mohon pencerhnny pak

    BalasHapus
  74. Pak sim saya hilang dan ktp asli saya hilang karena kecopetan. Apakah pembuatan sim bisa dilakukan dengan fotocopy ktp saja tanpa harus pakai ktp asli ? Terima kasih

    BalasHapus
  75. As, mau tanya bu, KTP sy daerah tepat Klaten, kerja di jkr , klo mau buat SIM C lewat online apakah bisa di jkt bu ..mohon info nya tks

    BalasHapus
  76. Mau nanya, kalau ngurus sim hilang hanya ada Surat Proses Pembuatan KTP (tanpa KTP) dan surat hilang dari kepolisian, bisa ga ya? Terimakasih

    BalasHapus
  77. Mau tanya, untum mengurus/mengganti sim hilang apakah bisa di SIM keliling? Tks

    BalasHapus
  78. Sore pak mau tanya, sim A saya hilang, saya tidak punya foto copynya, dulu saya bikin simnya di daan mogot dgn ktp jakarta timur. Sekarang saya sdh ganti ektp bekasi, saya harus urus sim di satpas mana ya pak?.. dibekasi? Didanmogot? Atau disatpas mana?

    BalasHapus
  79. maaf mau nanyak
    SIM A dan SIM C ku hilang
    pembuatan sim di nias(asal)tpi skrng aku tnggal di medan
    jdi pengurusannya bsa gak di medan atau balik ke tmpat asal

    BalasHapus

Copyright @ 2013 Cara Membuat SIM. Designed by Templateism TheGlobePress | Tips Windows | Word | Photoshop | Coreldraw | Laptop