Kamis, 28 Mei 2015

Cara Menghitung Denda Pajak Motor

Cara Menghitung Denda Pajak Motor Terbaru. dijaman yang serba instan dan tidak terlepas dari dunia internet ini dibutuhkan kerja dan aktifitas yang cepat pula. dengan adanya dunia maya hampir dipastikan kecepatan informasi tak terbatas yang dapat dicapai. hal ini juga menuntut dibarengi cepatnya aktifitas dalam menyelesaikan setiap pekerjaan sehari-hari. dalam dunia nyata untuk melakukan kerja tiap hari juga diharuskan mobilitas yang tinggi. oleh karenanya kebutuhan transportasi sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat saat ini.

hampir dipastikan kendaraan bermotor merupakan sarana transportasi yang paling mungkin dimiliki saat ini bagi kalangan masyarakat menengah dan kebawah untuk aktifitas mobile sehari-hari. mungkin juga sepeda angin, tapi alat transportasi yang satu ini hanya cocok untuk masyarakat yang hidup di desa dimana tingkat mobilitas nya tidak sejauh masyarakat kota. bagi orang kota, selain angkot, sepeda motor adalah moda transportasi yang paling dapat diandalkan untuk menunaikan tugas sehari-hari. namun hal itu jarang dibarengi dengan pengetahuan tentang Cara Menghitung Denda Pajak Motor. padahal telah terhitung denda pajak motor telat 1 hari atau 2 hari bahkan 1 minggu seperti denda terlambat bayar pajak stnk 1 bulan.

mengapa denda pajak motor telat sehari sama dengan perhitungan denda pajak stnk 1 bulan ? hal ini bukan karena denda pajak motor per hari dalam perhitungan rumus denda keterlambatan nya melainkan dihitung per bulan. jadi jika anda punya sepeda motor yang membayar telat 1 bulan + 1 hari maka dihitung telat 2 bulan. begitu juga ketika kita lupa membayar denda pajak motor selama 1 tahun maka ada pengalian denda sebanyak 12 bulan jadi dihitung 12 kali. begitu juga cara menghitung denda pajak motor 3 tahun atau 5 tahun. mudah bukan Cara Menghitung Denda Pajak Motor ? jadi kurang benar jika ada yang bilang terlambat 1 hari sama dengan terlambat 1 tahun. begitu juga untuk mobil.

Cara Menghitung Denda Pajak Motor

lebih mudahnya mari kita simak Cara Menghitung Denda Pajak Motor sebagai berikut. anggaplah kita menghitung denda pajak sepeda motor jupiter mx. sebagaimana tertera di stnk maka biaya PKB (pajak kendaraan bermotor) sebesar Rp 184.500 + SWDKLLJ (Sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan) sebesar Rp 35.000 maka pajak yang harus dibayar adalah Rp 219.500. sebagaimana tertera di stnk karena tidak telat membayar pajak. jika terlambat bayar pajak maka kena denda PKB + denda SWDKLLJ.
Cara Menghitung Denda Pajak Mobil
stnk motor
misalkan kita telat bayar pajak sepeda motor selama 1 tahun ? maka perhitungannya adalah :
Denda PKB per tahun : 25 %.
Terlambat 1 bulan : PKB x 25% x 1/12.
Terlambat 2 bulan : PKB x 25% x 2/12.
Terlambat 1 tahun : PKB x 25% x 12/12.

Denda PKB = biaya PKB x 25% x 12/12
yaitu = 184.500 x 25 % x 1
hasilnya = Rp 46.125

Denda SWDKLLJ Rp 32.000

Denda keseluruhan = Denda PKB + denda SWDKLLJ
yaitu = 46.125 + 32.000
hasilnya = Rp 78.125

Biaya pajak yang harus dibayar adalah biaya PKB + SWDKLLJ + denda keseluruhan
yaitu = 184.500 + 35.000 + 78.125
hasilnya = Rp 297.625
jadi Cara Menghitung Denda Pajak Motor selama 1 tahun harus dibayar adalah Rp 297.625.

Cara Menghitung Denda Pajak Motor 3 - 5 tahun ?

Bagaimana cara menghitung denda pajak motor 3 tahun ? jadi cara pembayaran denda pajak motor telat 3 tahun adalah dengan mengalikan 3 x denda pajak motor selama 1 tahun diatas yaitu 3 x 297.625. jadi pajak yang harus dibayar adalah Rp 892.875. begitu juga dengan cara menghitung denda pajak sepeda motor telat 5 tahun adalah dengan mengalikan 5 x denda pajak motor telat 1 tahun yaitu 5 x 300.625. jadi cara bayar kena pajak motor adalah Rp 1.488.125. demikian simulasi perhitungan denda telat bayar pajak motor atau mobil. mohon koreksi jika ada salah.

rumus denda keterlambatan diatas diambil dari website Polres Blora tahun 2013 dan belum ada revisi sepengetahuan penulis sampai 2014 dan 2015. mohon koreksi juga jika ada salah. jadi ini merupakan Cara Menghitung Denda Pajak Motor 2014 dan 2015. cara diatas juga dimuat di facebook Divisi Humas Mabes Polri dan juga dirilis di facebook NTMC KORLANTAS POLRI. jadi rumus diatas boleh dikatakan Cara Menghitung Denda Pajak Motor terbaru. silahkan download file xls yang dapat membantu simulasi denda pajak sepeda motor di akhir tutorial ini.

mohon maaf pada kesempatan kali ini tidak sedang membahas denda bpjs, tilang, pasal 7 kup, telat lapor spt, pbb (pajak bumi dan bangunan), pajak penghasilan, terlalu sayang, karena membunuh, band dan ppn. namun kali ini membahas Cara Menghitung Denda Pajak Motor telat 1 hari, 2 hari, 1 minggu, 1 bulan, 1 tahun, 3 tahun atau 5 tahun. rumus denda keterlambatan ini juga berlaku untuk sepeda motor vixion, beat, jupiter, vario, mega pro dll. cara ini berlaku umum untuk seluruh wilayah kecuali jika ada aturan tertentu di samsat tersebut baik di jakarta, bandung, jawa barat, jawa timur, jawa tengah dll. lebih baik tanya langsung ke samsat terdekat. cara ini hanya digunakan untuk membantu saja.

demikian artikel Cara Menghitung Denda Pajak Motor Terbaru dan dapat juga digunakan untuk mobil. baca juga posting cara membuat label cd corel. selamat mencoba!

Download Simulasi Denda Pajak Motor

Share it Please

Ilmi Fatmawatin

sip

242 komentar:

  1. Mantap, sangat membantu. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih juga dah mampir kawan

      Hapus
  2. Sedikit koreksi Mas Bro, untuk pembayaran SWDKLJJ motor yang 35.000 per tahun dan denda 32.000 per tahun, maka ditambahkan juga sebagai variabel pembayaran jika telat membayar 3 atau 5 tahun. dan tentunya dikalikan jumlah tahun keterlambatan pembayarannya. Thx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih banyak koreksinya Mas Bro
      tp bukankah perhitungan pajak motor diatas sudah mengakomodasi ?

      Hapus
  3. kalau ada denda bagi keterlambatan bayar pajak...adakah kompensasi atau penghargaan bagi orang yg taat pajak yg membayar lebih awal dari jadwal???


    BalasHapus
    Balasan
    1. wah masukan yang menarik untuk dipertimbangakan dan
      dapat menjadi daya tarik pembayaran pajak motor atau mobil tepat waktu tanpa harus kena denda.
      terima kasih dah mampir

      Hapus
  4. Tetap aja kena denda 1 tahun walau telat beberapa hari atau bulan... tadi barusan bayar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebijakan tiap polres bisa berbeda. dari website polres blora,
      facebook Divisi Humas Mabes Polri dan facebook NTMC
      KORLANTAS POLRI, sudah diterangkan jika terlambat 3 bulan maka cara hitung denda pajak nya PKB x 25% x 3/12.
      dan jika telat 6 bulan maka dihitung PKB x 25% x 6/12.

      maka jika telat 1 bulan maka dendanya dihitung
      PKB x 25% x 1/12.
      begitu juga jika telat beberapa hari maka dihitung telat 1 bulan.

      Hapus
    2. Klo skrg perhitungannya tdk 25% x 1/12 dab, ttpi 2% tiap blnnya.

      Hapus
    3. mohon memberikan sumber datanya dari mana agar
      informasi valid dan bermanfaat serta tidak terkesan
      asal tulis. terima kasih.

      Hapus
  5. Klo tlt 1thn pas abis plat nmr gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu dobel
      ya kena denda pajak 1 tahunan
      juga pajak 5 tahun
      maksih dah mampir

      Hapus
  6. Ok. Terimakasih banyak bro.....membantu sangattt. informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok sama-sama dan terima kasih juga sudah mampir

      Hapus
  7. Terima kasih bos info nya sangat membantu sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama bos, terima kasih jg atas kunjungannya

      Hapus
  8. Denda SWDKLLJ Rp 32.000

    klau denda SWDKLLJ kok nggak ada perhitungannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah sesuai ketentuan, bayar SWDKLLJ motor Rp 35.000
      dan untuk denda SWDKLLJ sepeda motor Rp 32.000

      Hapus
  9. saya mau tanya boss , motor saya jupiter z cw keluaran bln 3 th 2015 , baru bayar pajak 1 X , sampai skrg blm bayar pajak lg , kira2 brp ya total biaya pajaknya ? apakah plat nomornya juga harus ganti baru ? jika iya, brp biaya untuk ganti plat nomor ?
    satu lagi pertanyaan saya boss , bagaimana jika saya menginginkan plat nomor baru dengan nomor cantik , misalkan 2345 , 7777 , 5000 , 9999 dll... apakah bisa ? jika bisa brp biayanya ?
    terima kasih banyak boss atas jawabannya , maaf pertanyaan saya banyak sekali ☺ , semoga sukses selalu 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. koreksi boss , motor saya keluaran bln 3 th 2009 😇

      Hapus
    2. besar pajak motor silahkan lihat dulu di STNK anda
      untuk denda silahkan pakai denda 5 tahun di
      artikel namun punya anda 6 tahun.
      terima kasih dah mampir

      Hapus
  10. sore... mtor saya Shogun thn 2006. saya bli tngan ke 2,.
    pajak stnk mati 3thn (2012-2015)
    di stnk tertera samsat DKI jkt. tp saya di BSD. kira2 klo maw perpanjang pajak bgamna ya?! klo ga ada ktp asli pmilik prtama (stnk bpkb lengkap). trs kira2 bayar pajak denda brp ya (pkb pkok 144000, swdkllj 35000) brp biaya yg hrs disiapkn. mhon info ny thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bisa perpanjangan pajak tanpa ktp asli pemilik.
      biaya pajak 1 tahun = Rp 247.000
      jika 3 tahun = 247.000 x 3 = Rp 741.000
      silahkan dihitung lagi mungkin ada yg terlupa.
      terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
    2. Klo pajak stnk msh berlaku,tp tk ada ktp asli pemilik nama yg tertera di stnk gimana gan...???
      Bisa tak kita perpanjang....???
      Thanks..

      Hapus
    3. syarat perpanjang stnk drive thru : STNK asli
      + KTP asli sesuai STNK + kendaraan.
      persyaratan perpanjangan stnk di samsat :
      STNK asli + KTP asli, kalau diwakilkan + surat
      kuasa.

      Hapus
    4. Mau nambahin gan,kalau tidak ada KTP pemilik pertama lebih baik balik nama dg menyertakan kwitansi pembelian diatas materai tapi terlebih dahulu harus cabut berkas di samsat asal dan mutasi masuk di samsat BSD..prosesnya sih agak lama tapi biayanya lebih murah utk mengurus sendiri..

      Hapus
    5. terima kasih atas komentarnya di artikel
      cara perhitungan denda pajak kendaraan mobil
      atau motor.

      Hapus
  11. Jika motor saya beat 2013 pkb 150 swdkllj 35ribu berapa yg harus saya bayar? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. denda 1 tahun Rp 254.500
      telat berapa tahun ? anggaplah 3 tahun
      Rp 254.500 x 3 = Rp 763.500
      terima kasih sudah mampir

      Hapus
    2. Xl ktpny bukan pemilik pertama gmn bos kta beli seken nich mw perpanjang bisa gx ya apa kena denda

      Hapus
  12. Siang gan, ane mo tanya ane beli motor tapi pajak mati 3th, rencana mau ane mutasi , itu pajak yang mati tetap terkena denda nggak gan? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. prosesnya bayar denda dulu, mungkin bayar denda
      sekalian mutasi lebih hemat waktu mungkin.
      terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  13. pak mau tanya kalo stnk hilang bagaimana ya?trs mau tau pajak motor blm pak?makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat stnk baru dengan syarat : ada KTP, fotokopi
      STNK, BPKB, surat keterangan stnk hilang dari
      polsek. cek pajak belum atau sudah lihat di stnk
      karena belum ditemukan yg online. terima kasih
      sudah mampir

      Hapus
  14. pak motor saya skywave keluaran 2010 pkb dan swdkllj pokok 367.600 & 70.000 saya telat 3 tahun dan harus ganti plat kira" berapa biaya yg harus saya keluarkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf belum menemukan cara hitung dendan kendaraan motor swdkllj Rp 70.000. atau mungkin sebelumnya juga telat 2 tahun ya ? sehingga swdkllj x 2.

      Hapus
  15. pak, mobil saya stnknya mati nov 2013.
    jadi berapa perhitungan biaya yang harus saya keluarkan?
    apakah termasuk 3 tahun? ato baru 25 bulan? 2 tahun 1 bulan?

    apakah ini termasuk pajak untuk tahun 2014 dan 2015? atau cuman denda untuk pajak tahun 2013 - 2014 & 2014 - 2015?

    apakah perhitungan 25% x 3 itu untuk total seluruh pkb selama 3 tahun? atau cuman untuk tunggakan 1 tahun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. berdasarkan perhitungan pada artikel maka 2 tahun 1 bulan.
      25% x 3 untuk 3 tahun.

      Hapus
  16. mtor saya satria FU januari 2011 tangan ke dua pkb saya 217,500 by SWDKLLKJ 35,000 dan lewat pajak tahunan sudah 11 bulan
    TOTAL yg saya bayar adalah 252.500 saya berencana untuk balik nama untuk persyaratan balik nama sudah ada

    yg ingin saya tanyakan apakah betul untuk rhitungan saya ini?

    252.500x25%X11/12 = 57,900
    jadi pajak yg akan saya bayarkan adalah 252.500 + 32.000 + 57,900 = 342,400
    dan biaya balik nama sebesar 80,000 jadi 342,400 + 80,000 = 422,400??
    mohon koreksinya makasih :)

    ASEP Manado

    BalasHapus
    Balasan
    1. pajak yang dibayar kurang Rp 35.000 untuk sdwkllj.

      Hapus
  17. pak cuman mau tanya pajak saya telat 3 tahun tahin depan harus ganti nomer plat 5 tahunan .. mau tanya apa benar hitungan saya :
    PKB : 147.000
    SWDKLLJ : 35.000
    JUMLAH pajak yang harus dibayar tanpa denda 182.000 karna telat kalo saya hitung menjadi 253.750 apakah ini jadi dikalikan 3 menjadi 761.250
    katanya kalo sekalian ganti nomer plat jatohnya lebih mahal apakah benar .. sekian mohon bimbingannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pajak sepeda motor 1 tahun = Rp 250.750.
      untuk 3 tahun = Rp 250.750 x 3 = Rp 752.250.
      otomatis lebih mahal tambah pajak 1 tahun lagi.
      tambah ganti plat juga.

      Hapus
    2. ohh.. begitu kalo untuk biaya ganti plat di kenakan biaya lagikah ?

      Hapus
  18. Kalau lambat 3 tahun pajak pertahun 250.000 jadi berpa yang harus dibayar??

    BalasHapus
    Balasan
    1. asumsi SWDKLLJ : 35.000. maka total pajak 3 tahun
      adalah Rp 1.138.500

      Hapus
  19. Saya ada xenia ganti plat 11- 2016. Dengan pkb Rp.795.000. Swdkllj Rp.143.000. total Rp.938.000. Jikalau sya matiin sampai ganti plat th 2016 kira kira kena denda berapa + pajak + ganti plat..? Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. asumsi jika dibayar sekarang berarti tidak telat.
      jika dibayar bulan 11-2016 berarti telat 2 tahun.
      pajak mobil 1.379.750 x 2 = 2.759.500.
      belum biaya ganti plat. silahkan dikoreksi lagi.

      Hapus
  20. motor saya mau ganti plat 5 tahunan,,tapi saya sudah telat 5 hari,,hitungan dendanya gmn ya,,pkb:63.000rb swdkllj:35.000rb,,,mohon penjelasaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. biaya pajak nya 135.250 ditambah administrasi plat
      dan lainnya.

      Hapus
  21. Kalau satria FU sudah mati pajak dari tahun 2008 sama balik nama berapa ya kira2 pak?

    Trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan lihat besar pkb dan swdkllj di STNK anda.
      kemudian hitung seperti rumus yang telah dijelaskan.

      Hapus
  22. Kalo sim c mati 7bln, gmn pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. membuat sim baru jika telah lebih dari 3 bulan
      dan silahkan konfirmasi ke satpas daerah anda

      Hapus
  23. Omm tlong donk dihitungkan pajak mobilku+ denda new avanza e tahun 2012 bulan 12 Dari pertama beli ampe sekarang belum pernah bayar pajak mksh bgt

    BalasHapus
  24. PKB=1695000 /tahun
    Swdkllj= 143000/tahun
    Biaya ADM Stnk= 75000
    Biaya ADM tnkb= 50000
    Pajak mati 3 tahun omm jadi berapa yg Ku harus bayar biar bisa disiapkan dananya mksh bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. total bayar 2.361.750 x 3 = 7.085.250
      silahkan dikoreksi lagi.
      perlu ditegaskan disini bahwa perhitungan di
      blog ini hanya untuk membantu kisaran
      kemungkinan biaya. pastinya adalah sesuai
      dengan biaya setelah anda membayar di samsat.

      Hapus
  25. Makasih omm infonya kurang dikit aja dananya buat bayar pajak

    BalasHapus
  26. maaf om, mau koreksi aja,
    menurut perhitungan diatas kan SWDKLLj sudah diamasukan ke dalam denda Rp 32.000, kenapa kok dalam perhitugan pajak yang harus dibayar dimasukan lagi SWDKLLj sebesar Rp35.000.
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. perhitungan pajak swdkllj motor Rp 35.000 dan
      denda nya RP 32.000.
      jika tidak terlambat dalam membayar pajak maka
      hanya bayar Rp 35.000 saja tapi kalau telat maka
      ditambah dengan denda swdkllj Rp 32.000.

      Hapus
  27. Mas bro, msukan aja, setau ane denda maksimal itu 48% dr biaya pkb (denda 2 thn keterlambatan).
    Jadi semisal kendaraan telat pajak 3 thn , hanya dikenakan denda 2 thn (48% dr pkb).
    CMIIW :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon disertakan sumber dan bukti agar bisa
      dipertanggungjawabkan. terima kasih

      Hapus
  28. Sore pak motor saya Yamaha MIO keluaran 2010 pkb dan swdkllj pokok 142.500 & 35.000 saya telat 4 tahun dan harus ganti plat,sekaligus mau balik nama kira" berapa biaya yg harus saya keluarkan,terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. perhitungan pajak saja selama 4 tahun yaitu Rp 980.500
      saja. balik nama dan ganti plat dihitung sendiri.

      Hapus
  29. Sore mas.. Motor saya revo thn 2011. Sy td cb mo bayar pajak lewat biro jasa. Sy sdh telat 2 thn. Harga yg mereka kasih funtastis mas 950rb.. Saya akhirnya membatalkan. Kira2 berapa y yg hrs sy bayar. Atas infonya sy ucapkan terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan lihat pajak PKB dan SWDKLLJ di STNK
      anda dan ikuti rumus perhitungan pajak motor diatas

      Hapus
  30. pak, stnk saya hilang, pajak mati 3 tahun, brp biaya yg saya keluarin ya pak? harganya yg di stnk saya tidak tau, makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara menghitung pajak kendaraan harus lihat
      PKB dan SWDKLLJ di STNK. inilah pentingnya
      fotocopy stnk untuk jaga-jaga jika kemungkinan
      hilang.

      Hapus
  31. Mikum ibu/bapa. Saya habis beli motor seken vario september 2010 pajaknya mati 6th pkb nya 157.500. 50.700. Swdkllj 70.000. 32.000. Kira" habis berapa??
    Yana

    BalasHapus
    Balasan
    1. perkiraan tagihan pajak motor 6 tahun yaitu
      Rp 1.583.250, belum termasuk ganti plat + STNK.
      silahkan di cek lagi.

      Hapus
  32. Kira" plat+stnk berapa bu. Tolong totalin semua,soalnya saya mau perpanjang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya Penerbitan STNK Rp 50.000 dan untuk TNKB
      atau Plat Rp 30.000

      Hapus
  33. Klo di stnk telat tgl 9 desesmbt 2015...pkb 159000,skwj 35000 byrny brp .sama motor suprfit di stnk 14 januari 2013...pkb114.000 skwj 35000...kena byrny brp y

    BalasHapus
    Balasan
    1. tunggakan pajak sepeda motor a telat 1 tahun
      Rp 265.750. biaya spd motor b terlambat 3 tahun
      Rp 209.500 x 3 = Rp 628.500

      Hapus
  34. Permisi.. Mohon koreksi..
    Motor tiger 2012 pajak telat setahun tgl 19 desember besok waktunya bayar
    Pkb nya 360.000
    Swdkllj 35.000+32.000= 67.000
    Jumlah 427.000

    Telat 1 th ..
    427.000x25%X12/12 = 106.000
    jadi pajak yg akan saya bayarkan adalah 427.000 + 106.000 = 533.000
    Mohon koreksinya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. biaya pajak motor telat 1 tahun Rp 517.000.
      25% dari pkb saja, tidak termasuk swdkllj.

      Hapus
  35. Koreksi dr saya.. Kalo pajak yg th 2014 dan sekarang th 2015 .. Berarti pajak saya telat 2th .. Jadi yg saya bayarkan
    427.000+212.000 = 639.000 apa benar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tagihan pajak sepeda motor tiger tsb telat
      2 tahun maka RP 517.000 x 2 = Rp 1.034.000.
      silahkan dikoreksi lagi.

      Hapus
  36. Kalau terlambat masih bisa bayar di samsat online gak ya? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. telat membayar pajak motor tidak bisa melakukan
      pembayaran melalui esamsat online.

      Hapus
  37. Kalau mobil aq telat pajak agustus 2013 ampe skarang bsk mau bayar plus ganti plat n stnk.biaya pajak dan plat stnk mobilny brapa y?bt persiapan uangnya.mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara hitung biaya tagihan pajak mobil berdasarkan
      besar PKB dan SWDKLLJ di STNK anda. membuat STNK
      mobil Rp 75.000 + ganti plat Rp 50.000

      Hapus
  38. Gan saya mau tanya kalo bayar pajak telat 2 minggu itu kena denda berapa ya..? Terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara hitung tagihan pajak mobil atau motor
      berdasarkan besar PKB dan SWDKLLJ di STNK anda.
      terima kasih sudah mampir

      Hapus
  39. Indonesia ribet banget,,, coba bayar pajak Nya via online / via ATM ,, jadi buat yg super sibuk ga kerepotan harus KE samsat,, setau aku yg bisa kerja sama tuh bank bjb,,, masa cuma bjb doang,, coba sistemnya di rubah Indonesia oh INDONESIA ,,, udah ada technologi.. Mau taat pajak tp repot,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah bisa bayar pajak kendaraan online via
      e samsat juga bank BJB. selain itu sudah dapat
      perpanjang sim online. ngurus skck juga bisa
      online sekarang. semoga menjadi lebih baik

      Hapus
  40. Halo pak, pajak mobil abis tgl 12 desember 2015 kemarin. Brp yah bayar denda nya? PKB nya Rp. 2.688.500 mohon bantuannya. Samsat tgl 31 dessember masuh buka gak ya.
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. besar biaya SWDKLLJ nya berapa Bu di STNK ?
      terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  41. siang mas. motor saya r15 , bulan januari waktunya bayar pajak . tapi saya ngga sempet bayar karna ada di luar kota sedangkan motor ada di desa, saya baru pulang bukan February . jadi kalo saya telat 1 bulan bayar berapa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. berapa tagihan pkb dan swdkllj di stnk Bapak ?
      karena perhitungan denda telat pajak motor
      berdasarkan biaya PKB dan SWDKLLJ yang ada
      di STNK. terima kasih sudah mampir

      Hapus
  42. Kalau PKB 12,600 dan swj nya 22,000 mati 8 tahun , tolong rincian nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini pajak sepeda motor binter joy ya?
      total denda pajak mati 8 tahun Rp 558.000. belum biaya ganti plat.

      Hapus
  43. mau nanya motor saya mio keluaran 2011 baru belum bayar pajak selama 3 tahun. berapa biayanya sekalian ganti kaleng. PKBnya cuman 166.300 swdkllj 35.000 jumlah semuanya kira kira berapa. mau minta bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. denda pajak sepeda motor telat 3 tahun sebesar
      Rp 824.625. belum termasuk pergantian STNK dan
      TNKB atau plat.

      Hapus
  44. mau nanya gan, saya mau bayar pajak motor yang 5 tahun ganti plat itu loh, jadi saya udah telat bayarnya baru 4 hari sih soalnya saya susah cari waktu karena dari pagi-sore saya kerja. jadi itu bayar dendanya di hitung perhari, perbulan atau setahun gt?
    maaf sebelumnyaa,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau nanya gan, saya mau bayar pajak motor yang 5 tahun ganti plat itu loh, jadi saya udah telat bayarnya baru 4 hari sih soalnya saya susah cari waktu karena dari pagi-sore saya kerja. jadi itu bayar dendanya di hitung perhari, perbulan atau setahun gt?
      maaf sebelumnyaa,

      Hapus
    2. perbulan, jadi dihitung telat 1 bulan. terima
      kasih sudah mampir

      Hapus
  45. Pak saya telat pajak 6bulan saya mesti byr brp yaa?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara hitung denda telat pajak berdasarkan nilai
      PKB dan SWDKLLJ di stnk motor atau mobil anda

      Hapus
  46. Pak saya mau Tanya, saya Baru bli motor bekas. Pajak mati 10 thn. Trus mau balik nama, kira2 habis berapa ya?
    PKB NYA 19.500
    SWDKLLJ 41.000
    Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pkb nya murah bener ?
      denda pajak 1 tahun Rp 97.375. jika 10 tahun
      Rp 973.750. biaya plat atau lainnya silahkan
      dihitung sendiri.

      Hapus
  47. swdkllj mobil 143000 kl telat 10 bulan jd berapa om

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara menghitung tagihan pajak mobil berdasarkan
      PKB dan SWDKLLJ Pak

      Hapus
  48. ass.. selamat siang... nama saya dika. saya mau tanya dong mas... sebelumnya terima kasih atas postingannya sangat membantu

    jadi bigini mas,, pajak stnk motor saya belum dibayarkan sejak tgl 02-02-2013, jadi hampir 3 tahun saya telat dan kemungkinan besar saya baru bisa membayarnya di tahun ke-4 saya menggunakan motor saya atau simple nya saya akan bayar di tahun 2017,,
    pertanyaannya berapa jumlah uang yg harus saya keluarkan utk pajak motor saya yg telat 4 tahun mas???
    terima kasih.
    salam hangat.....
    dika :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya tambahan,, 1 tahunnya pajak motor saya rp 189.000,00

      Hapus
    2. untuk menghitung tagihan denda pajak motor
      atau mobil harus tahu biaya PKB dan SWDKLLJ
      di STNK kendaraan tersebut.

      Hapus
  49. mau tanya pak, saya membeli motor vario second th 2010, belum pernah membayar pajak sejak pembelian (+- 5 thun), STNK saya berlaku sampai 22 juli 2015 yll, dan surat keterangan pajak daerah PKB/ BBN-KB SWDKLLJ saya berlaku sampai 22 juli 2015 yll juga, berapa biaya keterlambatan pajak yang harus saya keluarkan ditahun ini jika PKB saya 154.500,- dan SWDKLLJnya 35.000,-. biaya tersebut apakah juga sudah termasuk denda ganti plat motor nya pak,, terimakasih,

    BalasHapus
  50. koreksi pak surat keterangan pajak daerahnya 2011

    BalasHapus
    Balasan
    1. perhitungan pajak motor 1 tahun yaitu Rp 260.125
      sedangkan untuk 5 tahun adalah Rp 1.300.625.
      untuk ganti plat hitung sendiri ya

      Hapus
  51. malam mas,, mohon pencerahannya, motor saya beat th 2008, stnk saya berlaku sampai 12 februari 2014 dan sampai sekarang saya belum bayar pajak dan harus ganti plat nomer pula, niat saya bulan februari depan saya bayar,, PKB nya 157.500 dan swdlkllj 35.000. mohon bantuan perkiraan pembayaran wajib pajak beserta dendanya, tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena tidak mencantumkan berapa tahun tunggakan
      yang belum dibayar maka dihitung tagihan pajak
      dan denda selama 1 tahun yaitu Rp 263.875 dan
      selebihnya silahkan dikalikan. hitungan ini belum
      termasuk ganti stnk.

      Hapus
  52. Ass,..
    Bagaimana untuk motor tua yg sudah nunggak pajak bertahun-tahun bro.. yg sudah sering gonta ganti pemilik. Jadi berat bayar pajaknya, mohon pencerahannya? 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikum salam, tagihan pajak motor dihitung
      per tahun berdasarkan nilai PKB dan SWDKLLJ
      di STNK. pemilik motor saat ini adalah yang
      sesuai dengan data di BPKB dan STNK. silahkan
      mutasi atau balik nama. silahkan konsultasi ke
      samsat terdekat.

      Hapus
  53. Makasih infonya gan,punyaku telat ini

    BalasHapus
  54. mas motor saya pajaknya mati bulan 2, kalo saya bayar bulan 3. itu dendanya brp? apa benar sama dengan 1 tahun? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. denda tagihan pajak motor 3 bulan adalah nilai
      PKB x 25% x 3/12, ditambah denda swdkllj
      Rp 32.000. sanksi terlambat 3 bulan tidak sama
      dengan 1 tahun.

      Hapus
  55. Mas motor saya platnya habis bulan 11-2015.biaya pkb 95500.. Minta tolong dihitungkan biaya pajaknya..makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya biaya swdkllj 35000

      Hapus
    2. asumsi telat 3 bulan maka jumlah tagihan
      pajak sepeda motor adalah Rp 168.500.

      Hapus
  56. om sy mau tanya,motor sy jupiter mx thn 2013.sy telat byar pajak tahunan sekitar 2 mingguan di thn ini.pajak lalu 20-01-15 berlaku s/d 20-01-16 krna lupa.kira2 brapa biaya yg hrus sy siapkan om.thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti Terlambat 1 bulan maka cara menghitung
      denda pajak motor : PKB x 25% x 1/12 + sanksi
      swdkllj + besar pajak tahunan.

      Hapus
  57. Permisi ibu/bapak saya mau bertanya sama mau balik nama + perpanjang pajak + ganti plat no pajak mati 15th pkb tertera 9.750 & swdkllj 12.000 motor vespa th 75 lokasi di bdg barat mau mutasi ke bdg kulonKira kira brp biayanya ya? Dan apa saja yang harus sy siapkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. perkiraan biaya tagihan pajak kendaraan selama
      1 tahun = Rp 56.200. untuk 15 tahun Rp 843.000
      itu belum termasuk ganti nama. untuk berkas
      syarat mutasi kendaraan bermotor silahkan baca
      artikel Cara Mutasi Motor Keluar Daerah

      Hapus
  58. denda SWDKLLJ 32.000 dapet dari mana min, klo boleh tau?
    apakah semua keterangan ini masih berlaku? karena kata temen saya skg naik bukan 25% tp 30%, apa benar?

    Berarti pembayaran dendanya
    PKB +_ kalkulasi denda(berdasarkan telat brp bulan) + Denda SWDKLLJ 32.000 + SWDKLLJ 35.000 = itu yang harus dibayarkan??

    Mohon balasan dan tanggapannya min.. Thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. telah dijelaskan di artikel bahwa perhitungan
      denda pajak diatas diambil dari website
      Polres Blora, facebook Divisi Humas Mabes
      Polri dan facebook NTMC KORLANTAS POLRI dan
      belum menemukan info terbaru.
      ya pembayaran denda telat pajak motor adalah
      PKB + kalkulasi denda + Denda SWDKLLJ 32.000
      + SWDKLLJ (besarnya tergantung di STNK).

      Hapus
  59. Mas mau nanya klo telat pajak dari 15-02-2014 sampai 10-02-2016 kira2 biaya keseluruhan berapa? PKB 173.000 dan SWDKLJJ 35.000
    Mohon bantuanya mas
    Terima kasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. besar biaya denda pajak 1 th Rp 283.250 kalau 3
      tahun Rp 849.750.

      Hapus
  60. Klo motor beat 110cc...stnk mati 15-01-2015 ..ampe skrang d itung denda nya brapa tahun...trus kena nya brapa..makasih :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. PKB -171,500 & SWDKLLJ -35,000

      Hapus
    2. biaya tagihan pajak motor telat 1 tahun
      Rp 281.375

      Hapus
  61. Kalau motor pulsar keluaran april 2013, baru 1x bayar. Ane bisa bayar tunggakan pajak sebagian (2 thn dulu)ngk gan. Mohon pencerahanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan konsultasi ke samsat terdekat. kalau
      menurut perhitungan denda administrasi pajak
      diatas maka tunggakan dihitung semua tidak ada
      kemungkinan mencicil. terima kasih sudah mampir

      Hapus
  62. Jika kasus keterlambatan membayar pajak hingga batas toleransi yang di berikan sudah terlewati, anda wajib bayar mencapai porsentase 25% dari total pokok pajak yang tertera. Namun jika anda telat bayar pajak kendaraan hingga melebihi 1 bulan lamanya, denda akan bertambah 2% dari pokok pajak di setiap bulan yang di abaikan.

    Selain itupun juga pemerintah telah memberlakukan maksimal denda mencapai 48% atau setara dengan 2 tahun tidak membayar pajak tersebut. Dengan begitu jika lebih dari 2 tahun lamanya besaran denda akan tetap pada angka 48% dari pokok pajak. Hal ini berlaku untuk semua kendaraan bermotor baik itu mobil dan sepeda motor pada umumnya. Saran, daripada anda menumpuk denda yang semakin mencekik saat membayar alangkah baiknya anda membayar pajak kendaraan tepat pada waktunya atau on the time.

    ( https://otosemi.com/cara-mudah-hitung-denda-ketika-telat-bayar-pajak-kendaraan/ )

    BalasHapus
    Balasan
    1. sumber-sumber rujukan rumus hitung denda
      pajak kendaraan di blog ini ada di
      artikel (klik link). namun pada web yang
      ditanyakan icut Nadia tidak ada link
      rujukan darimana info tersebut. silahkan
      icut Nadia menanyakan ke web tersebut.
      terima kasih sudah mampir

      Hapus
  63. Kemarin bayar pajak langsung 3 tahun, PKB nya 614.833. kira-kira per tahunnya berapa ya itu? pas ngurus 3 tahunnya itu sekalian ngurus kehilangan STNK. Ini udah mau mati pajaknya, mau bayar tapi bingung mau bayar berapa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. perkiraan pajak tahun ini sebesar Rp 240.000

      Hapus
  64. Saya mau nanya ni bg
    Motor saya jupiter mx th 2011 da saya cuman 2 bayar pajak..
    Kira2 dendanya itu brapa lah skrang bang...
    Thanks mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya bang cuman 2 thun dibayarnya...

      Hapus
    2. berapa biaya denda telat bayar pajak motor
      dihitung dari PKB dan SWDKLLJ yang ada di
      STNK motor atau mobil tersebut. terima kasih
      sudah mampir

      Hapus
  65. siang..
    saya mau nanya,
    pajak motor saya mati 2 tahun, dan tahun ini sdah harus ganti plat.
    kalau dalam persyaratan membayar pajak harus menggunakan ktp pemilik sblumnya, sdangkan saya tangan kedua.
    jadi bagaimana ya? bisa tidak kalau tidak menggunakan ktp pemilik sblumnya?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. denda pajak motor telat 5 tahun, 2 tahun atau
      bayar pajak 5 tahunan tidak membutuhkan ktp
      pemilik sebelumnya. syarat nya adalah KTP asli
      sesuai di STNK motor atau mobil.

      Hapus
  66. Selamat pagi, bisa minta saranya saya baru saja beli motor dan mati pajak mulai 25 januari 2016 kemarin, nah kalau mau d perpanjang apakah bisa gk pakai KTP atas nama d STNK? Karena saya orang ke 3

    Terimakasih mohon saranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. diantara syarat bayar pajak motor telat 1 tahun
      atau 1 bulan adalah KTP asli sesuai data di STNK
      motor atau mobil tersebut.

      Hapus
  67. maaf mau tanya kalau nama ktp tidak sesuai dengan stnk bagaimana ya pak ? soalnya dulu waktu ambil motor pakai ktp temen ortu tlng solusi

    BalasHapus
    Balasan
    1. prosedur proses pengantian nama dan alamat
      pada surat kendaraan sama dengan proses balik
      nama. referensi klik data stnk dan ktp beda

      Hapus
    2. Pak saya telat bayar pajak motor 1 minggu
      Tahun seblumnya bayar 219.500
      Lalu taun nie bayar brapa y ?

      Hapus
    3. denda pajak motor telat dihitung dari besar
      rupiah pada PKB dan SWDKLLJ di STNK
      kendaraan tersebut.

      Hapus
  68. numpang tanya bang ane pnya motor king tahun 1990 pajek mati ane tinggal ditanggerang selatan dan distnk masih atas nama orang jakarta barat . plat no abis tahun 2017..kira2 abis berapa biaya2nya dan kalo mau mutasi ke tanggerang selatan abis biaya2 berapa yaaa.. mohon masukkannya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf lupa biaya mutasi motor antar provinsi kemarin. biar aman disediakan lebih dari 1 juta.

      Hapus
  69. permisi gan, saya punya motor keluaran november 2012, belum bayar pajak sama sekali. kalo saya mau bayar sekarang, kira-kira berapa ya total semuanya? pkb 162.000 swdkllj 35.000.
    terimakasih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar mudah menghitung nya, asumsi sepeda motor
      mati 4 tahun. jadi pajak motor mati setahun
      bayar Rp 269.000. jika empat tahun maka kurang
      lebih Rp 1.076.000.

      Hapus
  70. permisi mas mau tanya

    kalo telat 3th + mau ganti kaleng,sekalian balik nama kira" abis dana berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. denda pajak motor telat dihitung dari nilai PKB
      dan SWDKLLJ di STNK motor atau mobil tersebut.

      Hapus
  71. Mas dari penjelasan di atas saya masih agak bingung, jumlah pkb 197.400 jumlah swdkllj 67.000 jumlah total 264.400 tanggal pajak 14-02-2016 saya blm bayar pajak nah niat saya bayar pajak tanggal 12 april 2016 berapa jumalah denda yg harus saya bayar?itu saya nunggak 1 bulan atau 2 bulan mas? Tolong bantu ya mas,terima kasih sebelum nya

    BalasHapus
  72. siang pak,

    saya mau tanya kendaraan saya beat tahun 2010 bulan 8.
    tahun 2015 nopol dan stnk nya habis masa berlakunya.
    kira2 berapa nominal denda yang harus saya siapkan?\

    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara hitung denda pajak motor telat berdasarkan
      besar PKB dan SWDKLLJ di STNK kendaraan tersebut

      Hapus
  73. permisi gan,,,
    saya mau tanya kendaraan saya keluaran 2013 tapi pajaknya blum saya bayar dari pertama sampai tahun ini dan berakhirnya di bulan ini.
    kira2 berapa nominal denda yang harus saya siapkan dengan rincian:
    stnk : Rp. 268.000,00
    swdkllj : Rp. 35.000,00

    semoga berkenan membalas
    terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. asumsi telat bayar pajak selama 4 tahun. besar
      pajak satu tahun = Rp 402.000 jadi jika 4 tahun
      = Rp 1.608.000

      Hapus
    2. terima kasih banyak sudah membantu...

      Hapus
    3. sama2, jika sudah bayar pajak motor bisa berbagi lagi untuk yang lain.

      Hapus
  74. permisi gan..mau nanya denda pajak motor pkb 198rb swdkllj 35 rb jatuh tempo 14 des 2015 klu skrg bayar kira2 brp biaya nya ya ? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. denda pajak motor telat 5 bulan yaitu Rp 285.625

      Hapus
  75. Siang pak,menyambung pertanyaan saya diatas motor kami telah habis pajak+STNK bulan 8 2015.
    Sampai saat ini belum kami urus perpanjangan nya.
    PKB 160.500
    SWDLLJ 35.000
    Kira2 berapa dana yang harus kami siapkan.

    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. total biaya denda pajak sepeda motor jika telat
      9 bulan adalah Rp 267.625

      Hapus
  76. Selamat pagi pak, Mohon pencerahannya.
    stnk jatuh tempo 06-02-2014 biaya pkb=332.000 swdkllj=35.000+32.000+67.000
    Jumlah pokok=367.000 (pkb+35.000)
    Pajak baru mau saya bayarkan bulan ini april 2016, kira-kira berapa besar uang yang harus saya siapkan untuk membayar pajak tersebut. mohon bantuannya ya pak. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. asumsi telat 3 tahun, jadi jumlah tagihan pajak
      motor 1 tahun adalah Rp 482.000 dan kalau
      terlambat 3 th maka biaya nya Rp 1.446.000

      Hapus
  77. Mimin bantu dong kalo saya pkbnya 412.000 swdkljj 134.000 pajak mati dri tahun 2012 kira2 harus bayar brapa ya kalo mau perpanjang + balik nama? Makasih min sebelumny

    BalasHapus
    Balasan
    1. asumsi terlambat lima th. berapa denda pajak
      motor telat 5 tahun ? biaya denda 1 tahun
      Rp 681.000. jadi jika 5 th ? Rp 3.405.000. belum
      biaya balik nama.

      Hapus
  78. selamat pagi pak. mohon bantuannya untuk mengestimasikan ..
    saya baru beli mobil dan berniat melakukan bea balik nama kendaaan sekligus perpanjang panjang + STNK 5 tahunan dengan rincian sebagai berikut :
    PKB pajak terkhir : 3.892.500 ( Juni 2014 )
    Pajak& STNK harusnya Berakhir tgl 15 Juni 2015 (berarti telat skitar 10 bulanan )
    dan niat dimutasi dari Plat B Depok ke Plat B Jakarta.. kira" butuh biaya berapa yah pak? mohon bantuannya pak.terimkasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. denda pajak mobil telat 10 bulan dg asumsi
      SWDKLLJ Rp 143.000 adalah Rp 4.946.400. belum
      biaya BBN atau mutasi dari depok ke jakarta.

      Hapus
    2. Selamat malam mas,
      31 Januari 2016 pas motor sy 5 th (pastinya ganti plat baru).
      Yang ingin sy tanyakan :
      1. Sy belum byr pajak dr jan'15 sd mei'16. Berarti denda 17 bln. Total denda brp yg hrs sy bayar. Pajak sy 390.000. Trs biaya lain2nya apa aja?
      2. Alamt sy sdh pindah kesemarang, sdg motor sy msh alamat jakarta bagaimana cara urusnya.
      3. Sy jg skalian mau mutasikan motor sy kesemarang. Biaya cabut berkasnya berapa yaa?

      Terima kasih atas perhatiannya.

      Salam

      Hapus
    3. 1. asumsi SWDKLLJ Rp 35.000 dan masa
      berlaku stnk tahunan sampai januari 2016.
      jadi tagihan denda pajak kendaraan Rp
      489.500
      2 & 3. proses dan biaya pindah plat motor
      silahkan baca artikel
      Cara Mutasi Motor Keluar Daerah

      Hapus
    4. Matur suwun mas....sangat membantu sekali infonya

      Hapus
    5. sama2 terima kasih juga sudah mampir di
      artikel cara perhitungan denda pajak
      kendaraan

      Hapus
  79. Malam Bang, Mohon di bantu penghitungan denda telat pajak stnk (PKB) donk..

    Motor keluaran 30 MEI 2013 (30/06/2013)
    Pajak motor tahun 2014 yang dibayarkan 204.500

    Nilai PKB 169.500
    Nilai SWDKLLJ 35.000

    Sekarang sudah 01 MEI 2016.
    Berarti Pajak telat 1 tahun (12 bulan).TAPI
    nanti saat 30 MEI (tanggal jatuh tempo bayar PKB),
    berarti asumsi saya sekalian utk bayar 2 tahun (24 bulan)
    agar bisa panjang hingga jatuh tempo bayar lagi di 30 mei 2017.

    Penghitungan ;
    PKB 169.500
    SWDKLLJ 35.000

    =(Rp.169.500 x 25% x 12/12) + Denda SWDKLLJ 32.000
    =42.375 + 32.000
    =74.375 adalah DENDA PKB

    PKB 169.500 + SWDKLLJ 35.000 + DENDA PKB 74.375 = 278.875/Thn

    berarti jika 2 tahun telat pajak, maka;
    2 x 278.875 = 557.750

    Benar kah demikian? mohon dikoreksi.

    karena 3 hari kedepan ingin bayar ke samsat

    BalasHapus
    Balasan
    1. perhitungan dari aturan denda telat bayar pajak
      motor tersebut sudah sesuai.

      Hapus
    2. Ternyata setelah saya bayarkan di samsat ciledug hanya sekitar 471ribuan.. Kurang dr hitung2an saya diatas. Agk sedikit heran jg sih..tp tetap bersyukur krn di beri kemudahan pengurusan sendiri hny kurleb 35mnit sdh bisa bayarkn pajak pkb.

      Hapus
    3. syukur kalau lebih rendah dan waktunya juga
      cepat. selamat.

      Hapus
  80. Pak bantu dong kalo saya pkbnya 137000 swdkljj 35000 pajak mati dri tahun 2013 kira2 harus bayar brapa ya ? Ganti Plat 0915

    BalasHapus
    Balasan
    1. asumsi telat 3 tahun. cara menghitung denda
      pajak mobil telat 1 tahun = Rp 238.250. jika 3
      th maka tagihan yang dibayar Rp 714.750

      Hapus
  81. update info terbaru suhu2, kemaren ane bru selesai bayar pajak sekalian pengurusan plat motor tepatnya tanggal 30/4/2016
    motor satria Fu progresif 3 pajak motor telat 1 tahun 3 bulan 9 hari
    sekalian ama ganti plat nomor, total yg ane bayar itu 869.000

    rincianya pokok 435000 sanksi 100000 jumlah 535000
    swdkllj 70000 64000 134000
    total 505000 164000 669000

    untuk biaya pendaftarannya itu : 200000 udah termasuk biaya plat nomor :)
    jadi totalnya 669000 + 200000 = 869000

    semoga bisa membantu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih banyak atas laporan denda pajak
      motor serta ganti plat nomor terbaru. ini
      informasi dari tkp yang ditunggu2. sukses selalu

      Hapus
  82. Suhu numpang tanya, motor tua saya mati sejak 2014/12 tahun.. itu apa masih bisa dipajekin ya? Kalo masih pkbnya 19.125,swdkllj 20.000.. itu habisnya brp ya? Bingung saya ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah lama sekali, 2 kali ganti plat. lebih baik
      dikonsultasikan langsung ke samsat terdekat.

      Hapus
  83. Bisa tolong dihitungkan berapa yang harus sya bayar , STNKnya sdh mati 5tahun , kira2 berapa ya yg hrus saya byar termasuk dgn dendanya PKB : 142.500 , SWDKLLJ : 35.000 . terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. denda pajak motor telat setahun adalah Rp 245.125
      dan jika 5 tahun maka Rp 1.225.625. belum ganti
      plat atau nopol

      Hapus
  84. suhu, sya beli motor seken cuma ga ada ktp buat mnjem buat perpanjangnya udah mati 4 tahun plat sampe akhir tahun ini, kira2 masih perpanjang ga stnk nya? mohon pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk perpanjangan stnk tahunan tanpa ktp asli
      tidak bisa dilakukan karena syarat perpanjang
      pajak motor adalah STNK asli + KTP asli sesuai
      data stnk.

      Hapus
  85. Hari ini saya telat 2 tahun...
    Setelah saya hitung dengan rumus diatas ternyata uang saya gak cukup...
    Jadi ngurus nya di tahun keyiga aja lah hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya smoga diberi kemudahan membayar dan terima
      kasih sudah mampir di artikel cara menghitung
      denda stnk mobil atau motor

      Hapus
  86. Asslmualaikum Ilmi,,

    Mohon bantuannya,
    ada temen beli motor beat 2009, pajak mati dri November 2011 - Stnk mati november 2014.
    PKB : 168.800, SWDKLLJ : 67.000

    Kira2 bulan Juni 2016 teman mau bayar pajak mati + bikin stnk baru + ganti plat.

    kira-kira brp biaya yg harus dibayarnya..?

    terima kasih atas batuannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. asumsi pajak motor telat 5 tahun. biaya telat
      perpanjangan stnk 1 tahun Rp 303.000. jadi total
      denda sebesar Rp 1.565.000

      Hapus
  87. assalamualaikum,,
    mohon bantuan nya.. kalau telat bayar 16 bulan pkb nya 194.000 swdkljj nya 35.000.. kira-kira berapa biaya yang harus dibayar ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. denda telat bayar pajak motor 16 bulan atau
      1 tahun 4 bulan adalah Rp 326.000.

      Hapus
  88. Pak mohon bantuannya:
    pajak terakhir di stnk 24-05-2012
    PKB 150.000
    SWD 35.000

    mohon penerangan perhitungannya pak…terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. asumsi telat 4 tahun. denda telat bayar pajak
      sepeda motor 1 tahun Rp 254.500. jadi jika 4 th
      maka Rp 1.018.000

      Hapus
  89. Selamat pagi Pak
    mw minta bantuannya
    Motor saya Skywave Pajak telat di Stnk 07 juni 2013
    PKB 176.000
    SWDKJJL 76.000
    mohon d bantu Pak..
    terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. asumsi telat 3th. jika pajak kendaraan bermotor
      telat 1 th maka bayar denda Rp 331.000. jadi
      biaya pajak motor telat 3 tahun Rp 993.000.

      Hapus

Copyright @ 2013 Cara Membuat SIM. Designed by Templateism TheGlobePress | Tips Windows | Word | Photoshop | Coreldraw | Laptop